Instrumen Asesmen Kemampuan Kognitif Pada Anak Tahap Praoperasional (Usia 4-5 Tahun)


Instrumen Asesmen Kemampuan Kognitif Pada Anak Tahap Praoperasional
(Usia 4-5 Tahun)
Nama               : ……………………
Umur               : ……………………
Kelas               : ……………………
Sekolah           : ……………………

Kemampuan
Ruang Lingkup
Gambaran
Instruksi Tugas / Pertanyaan
Keterangan
Penilaian
Tidak Mampu
Mampu Dengan Bantuan
Mampu
1.      Persepsi
Kemampuan untuk memilah, mengelompokkan, serta memberikan makna pada informasi yang diterimanya baik secara visual, auditori, kinestetik, dan taktil.

1.1 Pesepsi Visual
Anak mampu memilah, atau mengelompokkan stimulus yang berupa bentuk atau gambar yang diberikan padanya secara visual dengan baik.
1.  Anak mampu menunjukkan gambar yang sama ataupun yang berbeda.
Carilah mana gambar yang sama !



2.  Anak mampu menunjukkan warna yang sama.
Cariah mana warna yang sama !
Merah
Hijau
Kuning
Merah

Kuning
Hijau
Biru
Merah

Hijau
Kuning
Hijau
Merah








1.2 Persepsi Auditori
Anak mampu menerima atau menangkap respon bunyi yang jelas sehingga dapat memilah, mengelompokkannya dengan baik.
1.  Anak mampu menunjukkan bagian anggota tubuh / identifikasi bagian tubuh.
a.       Rambut
b.      Mata
c.       Hidung
2.   Anak mampu menyebutkan berbagai suara binatang yang dikenalnya / identifikasi suara-suara di lingkungan.
a.       Suara anjing
b.      Suara kucing
c.       Suara ayam
3.     Anak mampu menirukan ketukan (ketukan memukul meja) sebanyak beberapa kali baik itu tak berirama ataupun berirama !
a.     1 ketukan
b.    2 ketukan
c.     3 ketukan





1.3 Persepsi Kinestetik
Anak mampu menirukan dan atau melakukan gerakan secara terkoordinasi dengan baik
1.     Mampu mengenali benda yang berada di sekitarnya dan tahu penggunaannya.
a.    Pensil
b.    Penghapus
c.    Gelas
2.    Mampu mengenali dan menunjukkan anggota tubuhnya sendiri dan mampu mengeneralisasi.
a.    Mata
b.    Hidung
c.    Pipi
3.    Anak mampu menirukan gerakan dengan konsep cermin.
a.       Mengangkat tangan kanan
b.      Mengangkat tangan kiri
c.       Mengangkat dua tangan keatas

4.     Anak mampu menampilkan gerakan yang diinstruksikan secara verbal.
a.       Angkat tangan kanan
b.      Angkat tangan kiri
c.       Angkat tangan kanan lalu pegang telinga kiri





1.4 Persepsi Taktil
Anak mampu memilah dan atau membedakan perabaan terhadap berbagai tekstur dengan baik.
1.      Anak mampu membedakan kasar dan halus (kain / amplas).
2.      Anak mampu membedakan basah dan kering.





3.      Konsentrasi.
Kemampuan mental dalam menerima peristiwa-peristiwa sensorik dan mental


1.      Mampu melakukan kontak mata saat dipanggil
2.      Mampu menoleh saat dipanggil
3.      Mampu menoleh saat disentuh
4.      Mampu memperhatikan saat guru menerangkan min dalam waktu 30 detik
5.      Mampu mendengarkan music minimal 1  menit
6.       
7.      Mampu menunjukkan warna :
a.    Warna merah dari 5 warna yang berbeda (merah, kuning, hijau, biru, ungu)
b.    Warna kuning dari 5 warna yang berbeda (merah, kuning, hijau, biru, ungu)
c.    Warna hijau dari 5 warna yang berbeda (merah, kuning, hijau, biru, ungu)
d.   Warna biru dari 5 warna yang berbeda (merah, kuning, hijau, biru, ungu)
e.    Warna ungu dari 5 warna yang berbeda (merah, kuning, hijau, biru, ungu)
8.     anak mampu menyelesaikan soal dari guru sesuai dengan waktu yang diberikan
9.     Meronce dengan susunan warna tertentu.
a.       Warna yang sama (mis. Merah)
b.      2 variasi warna (mis. Merah dan biru)
c.       3 variasi warna (mis. Kuning, merah, biru)
d.      4 variasi warna (mis. Kuning, merah, biru, hijau).
e.       5 variasi warna (mis. Kuning, merah, biru, hijau, putih).
10. Mampu melakukan intruksi 2 langkah / tahap.
a.        Ambil pensil lalu simpan di meja
b.       Ambil buku lalu masukkan kedalam tas
c.        Tutup pintu dan hapus papan tulis
d.       Tepuk tangan dan pegang hidung
e.        Ambil bola lalu lempar ke depan
f.        Tutup pintu lalu ketuk
g.       Jalan ke pintu dan ketuk
h.       Jalan ke pintu lau buka pintu
i.         Jalan ke arah jendela lalu buka jendela
j.         Jalan ke arah jendela lalu tutup jendela




4.      Memori.
3.1 Memori Jangka Pendek
Anak mampu mengingat dan mengulang kembali stimulus / informasi yang telah dia dapatkan.
1.  Anak harus mengulang kembali informasi angka-angka yang diperdengarkan kepadanya !
(depan-belakang / forward)
a.       3, 5
b.      3, 5, 7
c.       3, 5, 7, 9
d.      3, 5, 7, 9,8

(belakang-depan / backward)
a.       3, 5
b.      3, 5, 7
c.       3, 5, 7, 9
d.      3, 5, 7, 9, 8





3.2 Memori Jangka Panjang
Anak mampu mengingat dan mengulang kembali stimulus / informasi yang pernah dia dapatkan dulu.
1.      Anak mampu menyebutkan 5 nama temannya yang sekelas dalam waktu 1 menit.
2.      Anak mampu menceritakan kegiatan yang dilakukannya saat libur sekolah.
3.      Menghitung sampai 5 secara urut.
4.      Mengenali 5 macam warna
5.      Mampu menyebutkan fungsi suatu objek.
a.       Gelas
b.      Kursi
c.       Pensil
d.      Sendok
e.       Sapu
f.       Sisir
g.      Sabun
h.      Bola







Sumber :
Bricker, Diane and Waddel, Misti. (1996). AEPS Curriculum for Three to Six Years. Baltimore, Maryland: Paul H Publishing Co.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handojo. (2003). Autisma. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
Yusuf, Munawir dkk. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.
Materi perkuliahan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus.



Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CACING CAWU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger