Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun


Instrumen Asesmen Kemampuan Motorik Pada Anak Dengan Rentang Usia 4-5 Tahun
Nama               : ……………………
Umur               : ……………………
Kelas               : ……………………
Sekolah           : ……………………

Kemampuan
Ruang Lingkup
Gambaran
Instruksi Tugas / Pertanyaan
Keterangan
Penilaian
Tidak Mampu
Mampu Dengan Bantuan
Mampu
1.    Motorik
Kemampuan perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh yang berkaitan dengan perkembangan pusat motorik di otak.
1.1     Motorik Kasar.
Anak mampu menunjukkan keterampilan otot-otot besar lengan, kaki, dan batang tubuh, seperti berjalan dan melompat yang dimiliki dirinya.

1.1.1.      Apakah anak mampu duduk dengan posisi yang baik ?
1.1.2.      Apakah anak mampu menunjukkan posisi berdiri tegak dengan benar ?
1.1.3.      Apakah anak mampu melakukan gerakan merayap dengan benar ?
1.1.4.      Apakah anak mampu memposisikan diri dengan benar saat berjalan ?
1.1.5.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan memantulkan bola ?
1.1.6.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan menangkap bola?
1.1.7.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan menendang bola ?
1.1.8.      Apakah anak sudah mampu melakukan lemparan bola dengan baik ?
1.1.9.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan merangkak dengan benar ?
1.1.10.  Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan naik tangga ?
1.1.11.  Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan menuruni tangga ?
1.1.12.  Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan melompat ?
1.1.13.  Apakah anak sudah mampu berlari dengan baik ?





1.2 Motorik Halus
Anak mampu menunjukkan keterampilan otot-otot kecil yang ada diseluruh tubuh seperti menyentuh dan memegang yang dimiliki dirinya.

1.1.1.      Apakah anak sudah mampu memegang alat tulis / pensil dengan benar (tripod) ?
1.1.2.      Apakah anak mampu melipat kertas menjadi 2 bagian yg sama?
1.1.3.      Apakah anak mampu menggunting kertas mengikuti pola ?
1.1.4.      Apakah anak sudah mampu menebalkan garis mengikuti pola ?
1.1.5.      Apakah anak sudah mampu merobek kertas ?
1.1.6.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan meremas kertas ?
1.1.7.      Apakah anak sudah mampu melakukan gerakan memilin ?
1.1.8.      Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan mengancingkan baju ?
1.1.9.      Apakah anak sudah mampu melakukan kegiatan mengikat tali sepatu ?
1.1.10.  Apakah anak mampu melakukan kegiatan meronce ?
1.1.11.  Apakah anak menyisir rambutnya sendiri ?
1.1.12.  Apakah anak mampu mencuci tangan sendiri ?





1.3 Keseimbangan
Anak sadar dan mampu mempertahankan suatu hubungan kearah titik pusat dari gaya tarik bumi.

1.3.1.      Apakah anak mampu berjalan diatas titian / jalan setapak ?
1.3.2.      Apakah anak mampu mempertahankan diri saat harus berdiri dengan satu kaki ?
1.3.3.      Apakah anak mampu berjalan mengikuti pola garis tertentu ?
1.3.4.      Apakah anak mampu berjalan jinjit ?
1.3.5.      Apakah anak mampu berjalan dengan membawa beban di kedua tangannya ?
1.3.6.       Apakah anak mampu berjalan dengan tangan terlentang ke samping ?
1.3.7.       Apakah anak mampu berdiri  dengan merentangkan tangannya dan mengangkat satu kaki?






Sumber :

Bricker, Diane and Waddel, Misti. (1996). AEPS Curriculum for Three to Six Years. Baltimore, Maryland: Paul H Publishing Co.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Handojo. (2003). Autisma. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan). Jakarta: Erlangga.
Yusuf, Munawir dkk. (2003). Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.
Materi perkuliahan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus.

Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CACING CAWU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger