INSTRUMEN ASESMEN PERKEMBANGAN BICARA ANAK USIA 0-5 TAHUN MENURUT TEORI BZOCH DAN MILESTONE


INSTRUMEN ASESMEN PERKEMBANGAN BICARA ANAK USIA 0-5 TAHUN
MENURUT TEORI BZOCH DAN MILESTONE

Identitas Anak                      
Nama lengkap                         :          
Nama Panggilan                      :
Jenis Kelaminan                      :
Tempat / tanggal lahir             : 
Alamat                                                :
Agama                                     :
Anak Ke                                  :                       dari      :
Nama Ayah                             :
Nama Ibu                                :
Tanggal Pelaksanaan asesmen :
Asesor            


(……………………………..)           


Usia
No
Aspek Perkembangan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
0-3
bulan
1
Pada waktu proses kelahiran anak menangis




2
Menyuarakan tangisan berupa refleks; tanpa kehendak, bukan respon tanggapan terhadap lingkungannya ( reflexive vocalization)




3
Menggunakan tangisan yang berbeda-beda untuk mengutarakan kebutuhan yang berbeda-beda




4
Mengoceh dengan spontan dan bereaksi dengan mengoceh (cooing)




5
Anak sudah mulai tersenyum




6
Mengeluarkan suara-suara tapi kedengarannya masih belum jelas (suara keluar dari tenggorokan)




7
Bereaksi terhadap suara




Jumlah


Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 7
Jumlah skor minimal=0

                                                                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan

Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 


Usia
No
Aspek Perkembangan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
3-9 bulan
1
Anak mampu mengucapkan kata-kata pertama di akhir tahun pertama. Contoh: Mamam.




2
Menirukan suara yang dikeluarkan orang tuanya




3
Anak mampu tertawa tanpa arti




4
Anak mampu berceloteh tanpa arti




5
Anak mengeluarkan suara yang menarik perhatian.




6
Anak mampu mengucapkan “ma-ma”, “da-da”.




7
Anak mampu member respon jika namanya dipanggli.




8
Anak mampu mengeluarkan suara yang merupakan kombinasi huruf hidup. Contoh: “ao-ao”.




9
Pertumbuhan kosa kata sangat cepat.




Jumlah


Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 9
Jumlah skor minimal=0

                                                                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan

Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 



Usia
No
Aspek Perkembangan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
9-18 bulan
1
Tersenyum bila diajak bicara, melihat wajah seseorang, tatapan mata dan gelitikan.




2
Melokalisasi suara dengan cara menolehkan kepala (anak menegok ke arah sumber suara).




3
Mendengarkan pembicaraan.




4
Mulai dengan pola dialog sederhana berupa suara balasan bila ibunya memberi stimulus berbicara, misal pada saat ibunya  mengajak berbicara, anak turut merespon dengan senyuman, tertawa, atau mengeluarkan suara yang seakan-akan menganggapi ajakan pembicaraan ibu.




5
Dapat memberi respons permintaan yang sederhana, misalnya saat diminta untuk melihat suatu benda anak mengikuti perintah.




6
Mengerti dan memberi respons pada namanya sendiri, misalnya anak mampu mengenali diri sendiri.




7
Mengenali 3-5 bagian dari tubuhnya.




8
Anak mulai dengan 2 kata dalam mempertanyakan sesuatu: dimana bola?, apa itu?, dimana sepatu?”.




9
Anak mulai merespon pertanyaan sederhana, misalnya: menyebutkan beberapa nama benda atau gambar pada sebuah buku, “ini gambar apa?”.




Usia
No
Aspek Perkembangan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor

10
Anak mulai merespon perintah sederhana misalnya: ”dorong!”, “tekan!”.





11
Anak dapat mengulang irama yang telah kita ajarkan, misalnya sebuah lagu dengan durasi pendek.





12
Ocehan mereka diselingi dengan kata-kata yang rill, contohnya, menyebutkan kata “mama”.





13
Ocehan menghilang, banyak terdapat kalimat yang terdiri dari 2-3 kata atau lebih panjang(anak mampu meminta sesuatu), misalnya anak dapat mengatakan “mama mau minum.”





14
Memiliki pengucapan (ekspresif) kosa kata 50-100 kata atau lebih.





15
Menjawab pertanyaan ”ini apa?, “apa itu?”, “ini siapa?”.





16
Memiliki pemahaman (reseptif) kosa kata 300 kata atau lebih.




Jumlah

Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 16
Jumlah skor minimal=0
                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan
Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 


Usia
No
Kemampuan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
1,5-2 tahun
1
Menggabungkan kata benda dengan kata kerja





2
Menggunakan/merangkai dua
kata





3
Menunjuk obyek-obyek yang dilihatnya di buku dan dijumpainya setiap hari





4
Menggunakan kata-kata yang menunjukkan kepemilikan, seperti 'punya ani', 'punyaku'





5
Anak mulai merespon pertanyaan sederhana, misalnya: menyebutkan beberapa nama benda atau gambar pada sebuah buku.





6
Mengucapkan 6-10 kata





7
Menunjukkan ke sesuatu yang menarik perhatian.





8
Anak mulai merespon perintah sederhana misalnya: ”dorong!”, “tekan!”.





9
Anak dapat mengulang irama yang telah kita ajarkan.





10
Anak mulai merespon pertanyaan sederhana, misalnya: menyebutkan beberapa nama benda atau gambar pada sebuah buku.





11
Anak mulai dengan 2 kata dalam mempertanyakan sesuatu: dimana bola?, apa itu?, dimana sepatu?.





12
Mengikuti perintah sederhana





13
Memahami fungsi alat rumah tangga seperti sikat gigi dan telepon




Usia
No
Kemampuan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor

14
meniru tingkah laku atau katakata
orang lain





15
Menunjukkan anggota tubuhnya bila ditanya (3-5)




Jumlah


Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 15
Jumlah skor minimal=0
                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan

Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 



Usia
No
Kemampuan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
2-3 tahun
1
Menjawab pertanyan





2
Mengikuti 2 langkah perintah





3
Bereaksi terhadap pasangan bicaranya





4
Senang bicara sendiri (monolog)





5
Frase 50% dapat dimengerti





6
Membentuk 3 (atau lebih)
kalimat





7
Menggunakan kata sambung "sama", misalnya "ani pergi ke pasar sama ibu"





8
Menggunakan kata "aku", "saya", "kamu" dengan baik dan benar





9
Menanyakan “apa”





10
Bertanya dan dapat difahami apa isi dari pertanyaan itu





11
Mengerti perintah verbal





12
Mampu menggunakan kalimat lengkap.





13
Mampu  menggunakan kata ‘saya’.





14
Mampu bertanya.





15
Mengerti kata-kata yang ditujukan padanya yang sering didengar.





16
Mengucapkan keinginan




Usia
No
Kemampuan
Ya
Tidak
Keterangan
Skor

17
Anak mulai berusaha untuk menjawab pertanyaan dan merespon dengan baik





18
Anak mulai menggunakan tata bahasa yang konsisten





19
Anak mulai menggunakan kata-kata imperatif (perintah/ permohonan)





20
Mengerti satu dan semua





21
Dapat mengatakan kata-kata sifat:  besar-kecil





22
Menggunakan huruf hidup dengan baik




Jumlah


Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 22
Jumlah skor minimal=0
                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan

Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 



Usia
No
Indikator
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
3-4 tahun
1
Mendengarkan dengan penuh perhatian cerita sesuai dengan usia.





2
Menggunakan lebih dari 4 kata dalam satu kalimat





3
Senang menceritakan pengalamannya, hampir semua dimengerti orang





4
Makes relevant comments during stories, especially those that relate to home and family events.Membuat relevan komentar selama cerita, terutama yang berhubungan dengan acara rumah dan keluarga.





5
Likes to look at books and may pretend to "read" to others or explain pictures.Enjoys stories with riddles, guessing, and "suspense." Menikmati cerita dengan teka-teki, menebak, dan "ketegangan."





6
Speech is understandable most of the time.Ucapan ini dapat dimengerti sebagian besar waktu.





7
Produces expanded noun phrases: "big, brown dog."Menghasilkan diperluas frase kata benda:  kucing berwarna hitam





8
Mengetahui 4-5 kata depan seperti: di atas, di bawah, di depan, di belakang.





9
Mampu menjawab pertanyan seperti: "Apa yang kamu lakukan?", "Apa ini?", "Di mana?", questions dealing with familiar objects and events. pertanyaan yang berkaitan dengan benda-benda yang akrab atau kegiatan yang sering dilakukan




Usia
No
Indikator
Ya
Tidak
Keterangan
Skor

10
Sering menanya dan meminta jawaban yang terperinci




Jumlah


Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 10
Jumlah skor minimal=0
                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan

Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 



Usia
No
Indikator
Ya
Tidak
Keterangan
Skor
4-5 tahun
1
Pengucapan lebih jelas





2
Likes stories about how things grow and how things operate. Suka cerita tentang bagaimana hal-hal tumbuh dan bagaimana hal-hal beroperasi.





3
Understands the concepts of "tallest," "biggest," "same," and "more"; selects the picture that has the "most houses" or the "biggest dogs."Rote counts to 20 or more.Understands the sequence of daily events: "When we get up in the morning, we get dressed, have breakfast, brush our teeth, and go to school." Memahami urutan kejadian sehari-hari: "Ketika kita bangun di pagi hari, kami berpakaian, sarapan, sikat gigi, dan pergi ke sekolah."





4
When looking at pictures, can recognize and identify missing puzzle parts (of person, car, animal).Very good storytellers. pendongeng yang sangat baik.





5
Counts 1 to 7 objects out loud, but not always in orderUses the prepositions "on," "in," and "under." Menggunakan preposisi "pada", "masuk," dan "di bawah."





6
Uses possessives consistently: "hers," "theirs," "baby's." Menggunakan posesif konsisten: "miliknya," "mereka," 





7
Answers "Whose?", "Who?", "Why?", and "How many?" Jawaban "siapa?", "Siapa?", "Kenapa?", Dan "Berapa banyak?"





8
Produces elaborate sentence structures: "The cat ran under the house before I could see what color it was." Menghasilkan struktur kalimat rumit: "kucing itu berlari bawah rumah sebelum aku bisa melihat apa warnanya."





9
Speech is almost entirely intelligible. Bicaranya hampir seluruhnya dimengerti.





10
Begins to correctly use the past tense of verbs: "Mommy closed the door," "Daddy went to work." Mulai dengan benar menggunakan kata kerja bentuk lampau





11
Refers to activities, events, objects, and people that are not present. Mengacu pada kegiatan, peristiwa, benda, dan orang-orang yang tidak hadir.




Usia
No
Indikator
Ya
Tidak
Keterangan
Skor

12
Changes tone of voice and sentence structure to adapt to listener's level of under-standing: To baby brother, "Milk gone?"States first and last name, gender, siblings' names, and sometimes own telephone number. Hafal jenis kelamin, nama-nama saudara kandung ', dan kadang-kadang nomor telepon sendiri.





13
Answers appropriately when asked what to do if tired, cold, or hungry. Jawaban tepat ketika ditanya apa yang harus dilakukan jika lelah, dingin, atau lapar.





14
Recites and sings simple songs and rhymes. Melafalkan dan menyanyikan lagu-lagu sederhana





15
Memahami istilah gelap, cahaya, dan awal: "Aku bangun pagi-pagi, sebelum orang lain itu masih gelap.."





16
Menanyakan pertanyaan tentang segala sesuatu seperti apa, mengapa, di mana, atau kapan  What? 





17
Mendefinisikan kata-kata sederhana dengan fungsi: kursi untuk duduk, tempat tidur adalah untuk tidur





18
Menghasilkan kalimat dengan 5-7 kata; banyak lagi kalimat yang tidak biasa.





19
Menyatakan nama kota atau kota sendiri.





20
Jawaban telepon tepat; panggilan orang ke telepon atau mengambil pesan singkat





21
Bicaranya dapat dimengerti seluruhnya




Usia
No
Indikator
Ya
Tidak
Keterangan
Skor

22
Pendongeng yang baik




Jumlah


Penilaian:
Ya= 1
Tidak=0
Jumlah skor maksimal= 22
Jumlah skor minimal=0
                                                                                                                                               
Perhitungan=            Skor  yang didapat         × 100% =
Jumlah soal yang diberikan

Keterangan:
Penilaian ya=1 dan tidak=0 bersumber dari Teori Skala Guttman
60% --> bersumber dari instrumen asesmen untuk anak autistik-Bandi Delphi

 
Anak dikatakan mengalami hambatan perkembangan bicara jika memperoleh hasil di bawah 60%
Hasil:
*Perkembangan bicara normal/ mengalami hambatan
*artinya coret yang tidak penting
 
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CACING CAWU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger