RPP IPA kelas 2 SDLB



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SLB-B Sukapura
Satuan Pendidikan                : SDLB
Kelas/ Semester                     : 2 (dua)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran / Tema         : IPA / Peristiwa
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

A.    Standar kompetensi
1.      IPA                      : 3 Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam    kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
2.      IPS                       : 2 Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

B.     Kompetensi Dasar
1.      IPA                      : 3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas,listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar.
2.      IPS                       : 2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.

C.    Indikator
1.      IPA
a.       Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilkan panas.
b.      Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan listrik.

2.      IPS
a.       Menyebutkan nama anggota keluarga masing-masing siswa.
b.      Menjelaskan peran ayah, ibu, dan anak dalam keluarga.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM berlangsung, diharapkan :
1.      Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilkan panas.
2.      Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan listrik.
3.      Siswa dapat menyebutkan nama anggota keluarga masing-masing siswa.
4.      Siswa dapat menjelaskan peran ayah, ibu, dan anak dalam keluarga.

·         Karakter siswa yang diharapkan :       
Berani, Kreatif

E.     Materi Pembelajaran
1.      IPA
Alat rumah tangga yang menghasilkan panas
 Alat rumah tangga yang memakai listrik           
2.      IPS
Anggota keluarga
Foto Ayah                                                 Foto ayah sedang bekerja          
Ayah sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab terhadap anggota keluarga.
Foto Ibu                                                    Foto ibu sedang menyapu di rumah                 
Ibu sebagai ibu rumah tangga berkewajiban mengurus anggota keluarga.
Foto anak                                                  Foto anak sedang belajar                  
Anak sebagai anggota keluarga berkewajiban untuk belajar dan membantu orang tua.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Percakapan.
2.      Demonstrasi.
3.      Penugasan.
G.    Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
-        Mengondisikan kelas
Mengucapkan salam, merapihkan tempat duduk siswa, berdoa Sebelum belajar, dan absensi siswa dengan menyebutkan nama siswa dan siswa mereaksi dengan menjawab atau mengacungkan tangan
2.      Kegiatan Inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
-        Guru bertanya kepada siswa
“siapa saja yang ada di rumah?”
                Elaborasi
                Dalam kegiatan elaborasi :
-       Siswa menempelkan gambar ayah,ibu, dan anak di papan tulis.
-       Siswa menunjukkan gambar ayah, ibu, dan anak.
-       Siswa menyebutkan pekerjaan ayah, ibu, dan siswa di lingkungan keluarga.
-       Siswa menyebutkan pekerjaan ibu yang sering menggunakan alat rumah tangga listrik.
-       Siswa menyebutkan benda-benda di rumah yang menggunakan listrik di rumah.
-       Siswa menempelkan gambar alat-alat rumah tangga yang menghasilkan panas.
-       Siswa menyebutkan fungsi dari alat-alat rumah tangga yang telah ditempelkan kepada siswa.
-       Siswa menempelkan gambar alat-alat rumah tangga yang menggunakan listrik.
-       Siswa menyebutkan fungsi dari alat-alat rumah tangga yang telah ditempelkan kepada siswa.
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-       Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Akhir (10 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Guru memberikan tugas/PR.
-          Menutup pelajaran, berdo’a dan mengucapkan salam

H.    Media/Alat dan Sumber
1.      Media
a.       Gambar
2.      Sumber
a.       Internet
b.      Senang Belajar  IPA SD Kelas 2
c.       SKKD SDLB B

I.       Evaluasi
1.      Teknik penilaian
a.       Prosedur tes                 : Proses dan post tes
b.      Jenis tes                       : Perbuatan dan lisan
c.       Bentuk tes                   : Isian singkat dan praktek
Soal lisan
-          Siapa saja yang ada dirumah mu?
Ayah, ibu, kakak dan adik
-          Apa yang dilakukan ibu di rumah?
Menyapu rumah, menyetrika baju
-          Sebutkan alat rumah tangga yang menggunakan listrik?
Radio, kulkas, tivi
-          Sebutkan alat rumah tangga yang menghasilkan panas?
Setrika, kulkas, dispenser
Soal praktek
-          Jodohkan gambar berikut!
-          Jodohkan gambar berikut!
Alat rumah tangga yang menggunakan listrik
Alat rumah tangga yang menghasilkan panas
 
J.      Penilaian
Nama Siswa    :
Kelas               :
Sekolah            :
No
Aspek Penilaian
Bobot Soal
Nilai
Ket
1
Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilkan panas.


3 = dapat
2 = dengan bantuan
1 = tidak dapat
2
Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan listrik.


3
Siswa dapat menyebutkan nama anggota keluarga masing-masing siswa.


4
Siswa dapat menjelaskan peran ayah, ibu, dan anak dalam keluarga.




Mengetahui,
Bandung,  28   Februari 2012
Guru Pamong



Yenni Suryani, S.Pd
NIP. 19670504.199303.2.004
Mahasiswa PPL,



Dirham Gumawang A
NIM. 0808377
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CACING CAWU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger