RPP IPS Kelas 2 SDLB



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SLB-B Sukapura
Satuan Pendidikan                : SDLB
Kelas/ Semester                     : 2 (dua)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran / Tema         : IPS / Lingkungan
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit (2 minggu)

A.    Standar kompetensi
1.      IPS                       : 2 Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
2.      B.Indonesia          : 7 Memahami bacaan.

B.     Kompetensi Dasar
1.      IPS                       : 2.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.
2.      B.Indonesia          : 7.1 Membaca bacaan singkat dengan lancar.

C.    Indikator
1.      IPS
a.       Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan.
b.      Menyebutkan sifat-sifat yang baik dalam hidup bermasyarakat.

2.      B.Indonesia
a.       Membaca cerita singkat tentang lingkungan.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM berlangsung, diharapkan:
1.      Siswa dapat menyebutkan 1 bentuk kerjasama di lingkungan.
2.      Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat yang baik dalam hidup bermasyarakat.
3.      Siswa dapat membaca cerita singkat tentang lingkungan.


·         Karakter siswa yang diharapkan :       
Tolong menolong, Berani, gotong royong

E.     Materi Ajar/Pembelajaran
Lingkungan Rumahku

Aku tinggal di lingkungan yang begitu nyaman. Orang-orang yang tinggal disini begitu baik. Kami selalu rutin kerja bakti membersihkan lingkungan rumah. Ayahku bersama warga yang lain memotong rumput dan selokan. Ibu ku dan ibu-ibu tetangga menyiapkan makanan untuk warga. Aku dan teman-teman ku juga ikut membantu membawakan makanan dan minuman.
lingkungan kami selalu gotong royong dan tolong menolong dalam hidup dengan masyarakat.
                
            Gambar siswa sedang membersihkan halaman 
            Warga sedang membersihkan selokan       
             Bapak sedang memotong rumput
            Kakak sedang menyapu halaman.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Percakapan.
2.      Tanya jawab.
3.      Penugasan.

G.    Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
-        Mengondisikan kelas
Mengucapkan salam, merapihkan tempat duduk siswa, berdoa Sebelum belajar, dan absensi siswa dengan menyebutkan nama siswa dan siswa mereaksi dengan menjawab atau mengacungkan tangan
2.      Kegiatan Inti (65 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
-        Guru
“dimana rumah mu?”
“apakah kalian suka ikut bersih-bersih halaman?
                Elaborasi
                Dalam kegiatan elaborasi :
-       Siswa memperhatikan guru yang menuliskan cerita singkat di papan tulis.
-       Siswa secara bergantian membaca cerita singkat yang telah ditulis.
-       Siswa memperhatikan penjelasan makna dari cerita singkat yang telah dibaca.
-       Siswa menjelaskan kembali isi dari cerita yang telah dibaca.
-       Siswa memperhatikan gambar bentuk kerja bakti kepada siswa.
-       Siswa secara bergantian menyebutkan gambar yang diperlihatkan guru.
Konfirmasi (10 menit)
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-       Siswa bersama guru melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Siswa bersama guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Guru memberikan tugas/PR.
-          Menutup pelajaran, berdo’a dan mengucapkan salam

H.    Media/Alat dan Sumber
1.      Media
a.       Gambar
2.      Sumber
a.       SKKD SDLB B
b.      Buku IPS untuk SD kelas 2 – Tri Jaya S

I.       Evaluasi
1.      Teknik penilaian
a.       Prosedur tes                 : Proses dan post tes
b.      Jenis tes                       : tulisan
c.       Bentuk tes                   : Isian singkat
d.      Alat tes                                    : Soal
 Jelaskan gambar di bawah ini :




 
J.      Penilaian
Nama Siswa    :
Kelas               :
Sekolah            :
No
Aspek Penilaian
Bobot Soal
Nilai
Ket
1
Menyebutkan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan.


3 = dapat
2 = dengan bantuan
1 = tidak dapat
2
Menyebutkan sifat-sifat yang baik dalam hidup bermasyarakat.


3
Membaca cerita singkat tentang lingkungan.




Mengetahui,
Bandung,  29   Februari 2012
Guru Pamong



Yenni Suryani, S.Pd
NIP. 19670504.199303.2.004
Mahasiswa PPL,



Dirham Gumawang A
NIM. 0808377
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CACING CAWU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger