RPP Matematika Kelas 2 SDLB Tematik




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       : SLB-B Sukapura
Satuan Pendidikan                : SDLB
Kelas/ Semester                     : 2 (dua)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran / Tema         : Matematika / Lingkungan
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 Menit

A.    Standar kompetensi
1.      Matematika          : 2 Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana.
2.      IPA                      : 2 Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.

B.     Kompetensi Dasar
1.      Matematika          : 2.1 Mengelompokkan bangun datar.
2.      IPA                      :2.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar.

C.    Indikator
1.      Matematika
a.       Membedakan bentuk bangun datar segi empat, segitiga, dan lingkaran
b.      Menyebutkan benda-benda disekitar yang berbentuk segiempat, segitiga, dan lingkaran.

2.      IPA
a.       Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilkan panas.
b.      Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan listrik

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah KBM berlangsung, diharapkan :
1.      Siswa dapat membedakan bentuk bangun datar segi empat, segitiga, dan lingkaran.
2.      Siswa dapat menyebutkan benda-benda disekitar yang berbentuk segiempat, segitiga, dan lingkaran.
3.      Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilkan panas.
4.      Siswa dapat menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan listrik

·         Karakter siswa yang diharapkan :       
Rasa ingin tahu, Kreatif

E.     Materi Ajar/Pembelajaran
1.      Matematika
Segiempat, segitiga, dan lingkaran
      

Benda-benda di sekitar yang berbentuk segi empat, segitiga, dan lingkaran.
Roda
Senter





Hanger
Buku

2.      IPA
Alat rumah tangga yang menghasilkan panas
Kompor
Setrika
Lilin


Alat rumah tangga yang memakai listrik
Kulkas
Tivi
Kipas

F.     Metode Pembelajaran
1.      Percakapan
2.      Demonstrasi.
3.      Tanya jawab.

G.    Kegiatan Belajar Mengajar
1.      Kegiatan Awal (5 menit)
-      Mengondisikan kelas
Mengucapkan salam, merapihkan tempat duduk siswa, berdoa Sebelum belajar, dan absensi siswa dengan menyebutkan nama siswa dan siswa mereaksi dengan menjawab atau mengacungkan tangan.
 2.      Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
-        Guru bertanya kepada siswa
“benda apa ini?
“coba tuliskan di papan tulis!”
                Elaborasi
                Dalam kegiatan elaborasi :
-       Siswa menyebutkan nama bangun datar yang ditunjukkan guru.
-       Siswa secara bergantian menuliskan nama bangun datar yang ditunjukkan guru di papan tulis.
-       Siswa secara bergantian menyebutkan nama benda yang berbentuk segi empat, segitiga, dan lingkaran.
-       Siswa secara bergantian menyebutkan nama alat rumah tangga ada di rumah yang menghasilkan panas dan menggunakan listrik.
-       Siswa secara bergantian mencocokkan gambar alat rumah tangga dengan bentuk bangun datar segi empat, segitiga, dan lingkaran
Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
3.      Kegiatan Akhir (5 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
-          Guru memberikan tugas/PR.
-          Menutup pelajaran, berdo’a dan mengucapkan salam

H.    Media/Alat dan Sumber
1.      Media
a.       gambar
2.      Alat dan Sumber
a.       Buku SKKD SDLB-B
b.      Buku Matematika Kelas 2 SD – Purnomosidi

I.       Evaluasi
1.      Teknik penilaian
a.       Prosedur tes                 : Proses dan post tes
b.      Jenis tes                       : Lisan dan perbuatan
c.       Bentuk tes                   : Isian singkat dan praktek
d.      Alat tes                                    : Soal
Soal Lisan
-          Apa nama bangun datar ini?
Segiempat, segitiga, dan lingkaran
-          Apa nama benda ini?
Senter, roda, buku, dan hanger
-          Apa nama alat rumah tangga yang ada di rumah ini yang menghasilkan panas?
Kompor, setrika, lilin
-          Apa nama alat rumah tangga yang ada di rumah ini yang menggunakan listrik?
Kulkas, tivi, dan kipas
Soal Perbuatan
-          Coba tuliskan nama bangun datar ini!
Segiempat, segitiga, dan lingkaran
-          Coba tuliskan nama benda ini!
Senter, roda, buku, dan hanger
-          Coba tuliskan nama alat rumat tangga yang menghasilkan panas!
Kompor, setrika, lilin
-          Coba tuliskan nama alat rumat tangga yang menggunakan listrik!
Kulkas, tivi, dan kipas
-          Berbentuk bangun datar apa benda berikut!
Senter – lingkaran, roda – lingkaran, buku – segiempat, hanger - segitiga
-          Berbentuk bangun datar apa benda berikut!
Kompor – segiempat, setrika – segitiga, lilin – lingkaran, kulkas – segiempat, tivi – segiempat, kipas – lingkarang.

J.      Penilaian
Nama Siswa    :
Kelas               :
Sekolah                        :
No
Aspek Penilaian
Bobot Soal
Nilai
Ket
1
Membedakan bentuk bangun datar segi empat, segitiga, dan lingkaran.


3 = dapat
2 = dengan bantuan
1 = tidak dapat
2
Menyebutkan benda-benda disekitar yang berbentuk segiempat, segitiga, dan lingkaran.


3
Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menghasilkan panas.


4
Menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan listrik




Mengetahui,
Bandung,  6  Maret 2012
Guru Pamong



Yenni Suryani, S.Pd
NIP. 19670504.199303.2.004
Mahasiswa PPL,



Dirham Gumawang A
NIM. 0808377
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. CACING CAWU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger